Inilah 5 Trik Sukses Mengelola Keuangan Ala Taipan Properti Paling Kaya di Dunia!

0
1
Inilah 5 Trik Sukses Mengelola Keuangan Ala Taipan Properti Paling Kaya di Dunia!

Li Ka-Shing, taipan Hong Kong yang satu ini punya trik khusus merancang masa depan mapan yang perlu Anda terapkan dari sekarang.

 

”Berapa pun penghasilan Anda, ingatlah untuk selalu membaginya menjadi lima bagian secara proporsional. Dan buatlah diri Anda berguna.” Itulah petuah sang miliarder kepada siapapun yang ingin belajar menata anggaran keuangan demi masa depan. Bagaimana caranya?

1. Living cost

Ingat pepatah “Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian”? Ya, taatilah prinsip hidup sederhana sejak dini. Alokasikan 30 persen dari total pendapatan Anda untuk biaya hidup bulanan dan berhematlah dalam mengonsumsi makanan.

2. Investment

Simpan setidaknya 25 persen penghasilan Anda di bank, untuk dijadikan modal usaha beberapa waktu ke depan. Modal itu bisa digunakan untuk membangun bisnis kecil yang relatif lebih aman. Dengan menghasilkan uang dari bisnis kecil-kecilan, Anda akan merasa percaya diri dan memiliki pengalaman belajar untuk menjalankan usaha yang lebih besar lagi. Seiring meningkatnya pendapatan, Anda bisa rencanakan investasi jangka panjang. Roda finansial Anda pun bergerak tanpa hambatan berarti.

For Your Info, Inilah 5 Persepsi Salah Seputar Dunia Kerja!

 3. Making friends

Networking itu penting. Bangunlah pertemanan yang baik dan sehat. Sesekali traktirlah teman-teman yang membantu karier Anda. Sisihkan 20 persen pendapatan Anda untuk biaya ‘bersenang-senang’ dengan kawan-kawan. Tak perlu foya-foya berlebihan, terpenting adalah rasa kebersamaan yang mendekatkan. Dengan demikian, lingkaran pergaulan Anda akan meluas.

4. Education

Anda juga perlu punya anggaran sekitar 15 persen dari gaji Anda untuk membeli buku, mengikuti pelatihan, kursus, atau segala sesuatu hal yang menambah ilmu. Selain menambah pengalaman dan wawasan, Anda juga akan menambah teman yang setidaknya punya kesamaan visi dan hobi.

Bus Double Decker Ini Siap Antar Anda dan Motor Anda Ke Bandung!

 5. Traveling

Berlibur dapat memperkaya pengalaman Anda. Gunakan 10 persen gaji Anda untuk memesan paket perjalanan hemat dan menikmati liburan singkat. Bila perlu, sisihkan dan kumpulkan 10 persen tadi untuk berlibur ke luar negeri setidaknya sekali dalam setahun. Liburan atau rekreasi sangat penting untuk menyegarkan pikiran dan menjaga semangat Anda dalam bekerja.

 

Nah, bagi kalian yang masih kesulitan dalam mengelola keuangan, bisa diikutin nih tips dari Li Ka-Shing..

(Visited 95 times, 1 visits today)