Dengan Gaji Segini, Tertarik Jadi Barista?

0
177
gaji barista

Kopi selalu menjadi salah satu tren di belahan dunia manapun. Sebetulnya bukan tren, namun merupakan kebutuhan utama bagi orang – orang tertentu. Saat ini, pecinta kopi semakin menjamur seiring bertumbuhnya jumlah coffee shop di Indonesia. Tenaga – tenaga ahli dalam meracik kopi alias barista pun semakin dicari dan dibutuhkan. Pasalnya, dalam meracik kopi tidaklah sesederhana membuat kopi sachet yang tinggal menuangkan air panas dan gula, atau menggunakan mesin pembuat kopi otomatis hanya dengan menekan tombol.

gaji barista

Baca Juga: Hidangan Kopi Paling Nikmat: Sudah Pernah Coba?

 

Meracik kopi memerlukan pengetahuan ilmu fisika dan ilmu kimia (ini  serius, tidak bercanda) seperti suhu, kadar pH dalam air, dan berapa takaran kopi, tingkat kehalusan dari gilingan biji kopi, dan sebagainya. Profesi yang membutuhkan ketekunan dan ketelitian, lantas berapa gaji barista yang diperoleh dalam satu bulan?

 

Berapa Gaji Barista? Ini Jawabannya…

Menekuni profesi sebagai peracik kopi layaknya bekerja sebagai pengemudi pesawat terbang alias pilot. Semakin tinggi jam terbangnya, semakin kompleks keahlian dan pengetahuannya, maka semakin tinggi pula gaji yang diperoleh.

Di salah satu franchise kedai kopi yang sangat populer di dunia, termasuk di Indonesia, upah yang diperoleh para barista pemula sebesar upah minimum provinsi (UMP) di masing – masing wilayah. Jika jam kerjanya semakin tinggi dan tingkat keahliannya berkembang, maka gaji yang diperoleh bisa mencapai angka 7 sampai 8 juta rupiah.

gaji barista

 

Baca Juga: Jangan Salah Pilih, Yuk Minum Kopi Sesuai Kebutuhanmu!

 

Bagi sebagian besar orang, gaji dengan angka tersebut tidak seberapa apabila dibandingkan dengan pekerjaan kantoran. Faktanya, kebanyakan orang yang menekuni profesi barista, bukanlah atas alasan upah yang akan dihasilkan. Kopi sudah seperti passion, pekerjaan yang dicintai dan dilakukan dengan sepenuh hati sebagai pemuas jiwa.

Bahkan di beberapa negara, setiap barista memiliki lini pelanggan dan penggemarnya sendiri. Kebanyakan dari penikmat kopi akan setia pada satu barista dan cenderung lebih menyukai racikan kopi dari barista langganan mereka.

Satu dekade lalu, profesi barista belumlah dikenal masyarakat luas secara mendalam. Saat ini, barista telah menjadi profesi yang dihormati oleh para pecinta kopi karena ketekunan dan kegigihan para barista dalam mempelajari kopi.

POPle, dengan gaji sekian, apakah kamu tertarik menjadi barista?

 

(Visited 10,716 times, 1 visits today)