5 Alasan Kenapa Anda Harus Coba Bekerja di Korea Selatan!

0
130
korea selatan

Ketika kita berbicara tentang merantau ke negeri orang, masyarakat Indonesia hanya tertuju pada Arab Saudi atau China. 5 Alasan Kenapa Anda Harus Coba Bekerja di Korea Selatan!

Pekerjaan yang ada dipikiran mereka adalah tenaga buruh seperti pembantu rumah tangga atau pekerja pabrik. Namun, jika kita melihat ke belakang, kita pasti menyadari betapa berbahaya serta penuh risikonya para pekerja yang merantau ke negara-negara tersebut.

Bukan hanya karena di negara-negara tersebut pekerja asing dianggap ‘tidak sama’ dengan pekerja lokal, pada kenyataannya pun banyak WNI yang berangkat melalu jalur-jalur gelap sehingga pemerintah Indonesia tidak dapat melindungi mereka secara maksimal.

Namun, beberapa tahun belakangan ini, para pengadu nasib juga pahlawan devisa negara, Tenaga Kerja Indonesia (TKI), mulai menyadari bahwa ada satu negara maju lagi yang memiliki prospek kerja yang unggul, yaitu Korea, khususnya Korea Selatan. Korea Selatan dengan gempuran hallyu-wave-nya tengah menjadi demam di masyarakat global dan karena itulah iklim perekonomiannya  maju sangat pesat.

Nah, bagi kalian sendiri yang masih ragu-ragu untuk meraih mimpi di Korea, beriku 5 alasan mengapa kamu harus mengadu nasib di Korea Selatan.

Pada Usia Ini, Pria dan Wanita Korea Sudah Nggak Perjaka atau Perawan Lagi!

1. Tak Ada Perbedaan Gaji

Jika di negara-negara lain TKI Indonesia kadang ‘dihargai’ lebih murah dari tenaga kerja lainnya, maka cerita itu tidak akan berlaku di Korea. Pemerintah Korea yang sangat menyadari bahwa datangnya pekerja asing yang ingin mengadu nasib pun dengan bijak menetapkan bahw gaji yang diberikan kepada pekerja asing dan asli Korea adalah sama. Hal ini selain untuk memberikan kesejahteraan pada pekerja yang datang, juga melindungi pekerja atau buruh asli Korea.

2. Pekerja Asal Indonesia Disukai Korea

Jika kalian mencari di situs Google pekerja asal negara mana yang paling disukai oleh pelaku bisnis di Korea, banyak sekali artikel yang mengatakan bahwa pekerja asal Indonesia sangat disukai oleh orang Korea. Hal ini mungkin didasari oleh kenyataan bahwa orang Indonesia adalah orang-orang yang pekerja keras dan tidak banyak mengeluh.

3. UMR Korea terus naik hingga 10.000 Won

Pemerintah Korea mengungkapkan bahwa mereka akan menaikan upah kerja minimun di negara mereka secara bertahap hingga 10.000 Won mulai tahun 2018. Pada tahun 2018 sendiri, pemerintah Korea telah mengetuk palu akan menaikan 16,4% upah kerja minimum menjadi 7.530 Won/jam. Jumlah itu akan terus meningkat ditahun-tahun berikutnya hingga nanti mencapai angka 10.000 Won/jam demi kesejahteraan masyarakat.

4. Kesempatan dapat Pekerjaan Lebih Besar

Pemerintah Korea secara bertahan berencana untuk membuka 850.000 peluang kerja baru bagi para pencari kerja muda. Hal ini diungkapkan atas dasar kepedulian pemerintah akan meningkatnya angka pengangguran di Korea. Pemerintah Korea berencana menggandeng pihak swasta maupun nasional untuk meningkatkan jumlah pekerja yang bisa perusahaan mereka serap. Selain itu, pemerintah Korea pun akan mendukung industri kreatif yang sangat inovatif agar dapat menyerap lebih banyak pekerja.

Kenalan Yuk Sama Cewek Cantik Asal Korea Selatan yang Satu Ini…

5. Hidup di Korea itu Murah

Di samping lingkungan masyarakat di Korea yang nyaman dan bersih, jangan dikira hidup di Korea itu serba mahal. Pada kenyataannya bagi kalian para pekerja yang memiliki modal pas-pasan, gaya hidup sederhana masih bisa dilakukan loh di Korea. Kalian bisa tinggal di goshiwon dan makan makanan murah seperti bibimbap, nasi kimchi, kimbab, dan lain-lain yang seharga kantong mahasiswa kos-kosan. Plus, Korea merupakan salah satu negara pengkonsumsi mie instan paling banyak loh! Jadi kalian gak akan takut kehabisan bahan makanan. Hehehe.

(Visited 262 times, 1 visits today)