Ada Niat Ingin Resign? Begini Langkah Mengundurkan Diri yang Jantan…

0
6
rencana resign

Pindah kerja adalah hal yang lazim, dan merupakan bagian dari pilihan karir Anda. Ada Niat Ingin Resign? Begini Langkah Mengundurkan Diri yang Jantan…

Latar-belakangnya beragam, bisa jadi Anda bosan, tak puas, merasa terlalu banyak menghadapi konflik, pertimbangan finansial, atau mungkin Anda merasa ini memang langkah tepat untuk mengembangkan karir.

Ketika Anda sampai pada tahap ini, perasaan Anda tidak jarang menjadi campur baur, antara lainnya marah, sedih, ragu, atau bahkan bingung. Memilih resign mungkin hak Anda, tapi bukan berarti Anda bisa bertindak seenaknya. Mirip dengan memutuskan pacar, ada cara-cara yang lebih classy untuk melakukannya.

After all, Anda ingin tetap memiliki hubungan baik dengan perusahaan yang Anda tinggalkan kan? Coba simak beberapa langkah yang bisa Anda terapkan ketika Anda ingin resign.

Ini 5 Tanda Hasrat Mengundurkan Diri dari Tempat Bekerja Sekarang!

1. Niat dan Evaluasi

Selain tekad dan niat mengundurkan diri yang kuat, evaluasi atas performance Anda selama bekerja juga dibutuhkan. Jika Anda merasa kinerja Anda buruk dan Anda sering mendapat teguran dari atasan, pengunduran diri Anda bukan kejutan. Tetapi jika Anda berprestasi dan menghasilkan profit bagi perusahaan, maka ini bisa menjadi sebuah pukulan bagi pimpinan Anda.

2. Patuhi Prosedur

Dalam setiap SOP, selalu tercantum pasal pengunduran diri yang harus Anda penuhi. Hargai hal itu dan lakukan dengan semestinya. Jika Anda diharuskan untuk memberi one month notice sebelum bisa hengkang, maka ikuti prosesnya. Pikirkan perusahaan yang harus menyusun strategi negosiasi dengan Anda, atau segera mencari pengganti Anda, proses ini tidak bisa dilakukan overnight, kan?

3. Hadapi dengan Tenang

Tiba hari ketika boss Anda memanggil untuk membahas surat pengunduran diri yang Anda ajukan. Komunikasikan dengan tenang alasan Anda pergi, hindari konfrontasi dramatis. Boss Anda mungkin akan melakukan langkah-langkah untuk mempertahankan Anda di perusahaan. Ketika ini terjadi, pertimbangkan baik-baik penawarannya dan bagaimana dampaknya terhadap rencana yang Anda miliki untuk karier Anda.

Ini Alasan Kenapa Karyawan Terbaik Pada Mengundurkan Diri!

4. Jangan Jadi Aneh

Hindari membicarakan hal buruk tentang perusahaan lama Anda dengan orang lain. Tetap hargai perusahaan lama Anda dengan mencantumkannya ke dalam portfolio pengalaman kerja pada CV Anda. Biar bagaimanapun, mereka telah berperan membentuk karir Anda, in a good way or a bad way.

 

(Visited 140 times, 1 visits today)