Bahaya! Ini Gangguan Psikologis yang Menyerang Mereka Akibat Terlalu Sering Main HP

0
2
gangguan psikologis

Smartphone kini memang tak bisa lepas dari gaya hidup masyarakat modern. Bahaya! Ini Gangguan Psikologis yang Menyerang Mereka Akibat Terlalu Sering Main HP

Dahulu, fungsi HP hanya untuk berkirim pesan atau menelepon. Namun sekarang smartphonememiliki banyak fungsi yang bermanfaat bagi semua orang. Sayangnya, hal tersebut rentan membuat orang terlalu sering main HP. Sehingga berisiko menimbulkan gangguan psikologis dengan tingkat keparahan yang bervariasi.

Nah, apa saja gangguan psikologis yang menyerang mereka akibat sering bermain Hp? berikut daftarnya:

1. Anti Sosial

Terlalu sering main HP juga rentan menyebabkan seseorang menjadi anti sosial. Gejalanya akan tampak ketika seseorang lebih senang bermain HP daripada berinteraksi dengan keluarga, sahabat, atau lingkungan sekitar. Kalau hal ini dibiarkan berlarut-larut, kemungkinan besar kehidupan sosial orang tersebut akan terganggu. Hingga akhirnya orang tersebut mengalami gangguan interaksi saat berada di dunia nyata.

Apa Kaitannya Kesehatan Mulut dengan Sakit Kepala Migrain?

2. Nomofobia

Apakah Anda selalu merasakan kecemasan berlebihan ketika sedang tidak membawa HP? Jika iya, berarti Anda mulai mengalami nomofobia. Nomofobia adalah istilah untuk menyebut sindrom ketakutan bila tidak memiliki smartphone. Ada sebuah penelitian di tahun 2015 yang membuktikan bahwa orang-orang cenderung mudah terganggu ketika beraktivitas dan mendengar dering smartphone. Gangguan tersebut menyebabkan hilangnya konsentrasi dan penurunan produktivitas.

3. Fear of Missing Out (FOMO)

Perasaan takut ketinggalan informasi dari internet atau media sosial secara berlebihan dikenal dengan istilah sindrom FOMO. Pada awalnya, orang-orang yang mengalami sindrom ini akan ketagihan mengecek media sosial, aplikasi chat, dan browser. Pada tingkat yang lebih parah, penggunaan HP pun akan mulai mengganggu aktivitas lainnya. Pekerjaan bisa terbengkalai akibat terlalu sering main HP dan seakan tak ingin ketinggalan informasi terbaru.

4. Low Battery Anxiety

Pernahkah Anda merasa panik ketika HP mulai low bat? Jika pernah, kemungkinan besar Anda mengalami gangguan yang disebut low battery anxiety. Padahal, HP yang lowbat seharusnya tidak mengganggu kenyamanan dan konsentrasi Anda saat beraktivitas. Cobalah untuk lebih rileks. Tinggalkan pesan di aplikasi chat Anda bahwa HP Anda sedang lowbat dan tidak dapat dihubungi.

Jarang Diketahui Orang, Ini 5 Efek Buruk Smartphone pada Kesehatan!

5. Phantom Vibration Syndrome

Kalau Anda terlalu sering main HP, kemungkinan besar Anda akan mengalami phantom vibration syndome. Sindrom ini membuat Anda merasakan getaran notifikasi HP yang sebenarnya tidak ada. Semakin tinggi keinginan Anda untuk selalu terhubung dengan HP, maka semakin besar pula kecenderungan mengalami sindrom yang satu ini.

Nah, Apakah satu dari lima gangguan tersebut sedang terjadi pada Anda?

 

(Visited 169 times, 1 visits today)