Baru Menggunakan Kartu Kredit? Ini Trik Cermatnya Untuk Pemula…

0
3
untuk pemula

Banyak orang takut untuk menggunakan kartu kredit, karena cerita-cerita seram. Baru Menggunakan Kartu Kredit? Ini Trik Cermatnya Untuk Pemula…

Banyak orang takut untuk menggunakan kartu kredit, karena cerita-cerita seram. Ada yang tiba-tiba tenggelam dalam utang, ditagih debt collector dan lainnya. Disisi lain ada juga orang-orang yang bisa mendapatkan potongan harga, penawaran special dan lain sebagainya karena menggunakannya.

Sebenarnya permasalahan utama bukan pada kartunya, melainkan cara orang memakainya. Apakah Anda sudah menggunakannya dengan benar? Jika Anda memiliki pengetahuan finansial yang baik, Anda tentu saja dapat menggunakan kartu kredit dengan cara-cara yang cerdas. Setidaknya Anda tidak akan tenggelam dalam lautan utang.

Lalu, bagaimana cara menggunakan kartu kredit dengan cerdas bagi pemakai pemula

1. Manfaatkan Laporan Transaksi

Anda pasti akan mendapatkan laporan transaksi bulanan kartu kredit. Bagi Anda yang malas mencatat keuangan, tagihan tersebut dapat digunakan sebagai alat kontrol keuangan Anda. Meskipun sebenarnya bukan cara yang tepat, tetapi laporan transaksi kartu kredit banyak membantu.

Yakin Sudah Menggunakan Kartu Kredit untuk Belanja Online dengan Aman?

2. Manfaatkan Diskon atau Promo

Gunakanlah untuk mendapatkan diskon (potongan harga), promo dan kemudahan tertentu. Jika Anda perhatikan ada banyak sekali diskon dan promo yang ditawarkan. Sebenarnya sah-sah saja menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan diskon atau promo, asalkan Anda membeli barang-barang yang memang Anda butuhkan.

3. Manfaatkan Fitur Cicilan

Pembayaran dengan kartu kredit, memberikan kemudahan pembelian barang-barang dengan cicilan atau installment. Dalam ilmu perencanaan keuangan, dikenal sebuah patokan untuk cicilan seseorang. Cicilan maksimal seseorang adalah 30% dari penghasilan.Pastikan Anda mencicil barang-barang yang Anda perlukan dan pilih periode cicilan yang menguntungkan.

4. Membayar Transaksi Berulang

Setiap dari Anda, tentu memiliki pengeluaran yang sifatnya pengeluaran berulang (recurring expense) yang harus dibayarkan setiap bulannya, contoh: uang langganan majalah, listrik, iuran tv berbayar, gym dan iuran lainnya. Daripada harus membayar denda karena telat bayar, gunakanlah fitur pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Fitur tersebut tentu akan memudahkan Anda dalam mengelola keuangan bulanan.

Sebelum Mengajukan Kartu Kredit, Coba Kamu Pikrikan 5 Hal Ini…!

5. Pilih Kartu Kredit Sesuai Kebutuhan

Apakah Anda pernah melihat seseorang yang memiliki kartu kredit lebih dari 2 buah? Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mengelolanya, lebih dari 2 buah. Pemerintah juga memberikan batasan, maksimal 2 buah kartu untuk orang-orang yang memiliki penghasilan di bawah Rp 10 juta. Pilihlah yang memang memberikan banyak manfaat untuk Anda, misal Anda butuh kartu kredit yang memberikan diskon untuk belanja bulanan dan manfaat tambahan saat bepergian (travelling).

(Visited 105 times, 1 visits today)