Inilah 5 Benda Bersejarah Termahal dari Beberapa Negara yang Pernah Dicuri!

0
10
Inilah 5 Benda Bersejarah Termahal dari Beberapa Negara yang Pernah Dicuri!

Memang yang namanya benda-benda berharga bernilai tinggi dan berharga sangat mahal selalu mengundang pencuri untuk mengambilnya. Seperti yang berikut ini..

 

Benda-benda koleksi yang berharga, seperti karya seni, memorabilia, atau objek bernilai sejarah biasanya memiliki nilai yang sangat tinggi. Hal tersebutlah yang memancing para pencuri untuk mengambilnya kemudian dijual ke orang-orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk membeli benda antik tersebut.

Ya, walaupun benda-benda ini diletakkan di tempat penyimpanan khusus yang dilengkapi dengan penjagaan ketat tetap saha tak bisa lolos dari pencurian. Seperti dilansir The Richest, inilah 5 benda antik paling mahal yang pernah dicuri..

1. Lukisan Mona Lisa

Lukisan legendaris milik Leonardo Da Vinci ini diakuisisi oleh Raja Perancis dan sejak tahun 1797 sudah ditampilkan di Museum Louvre, Paris. Pada tahun 1911 Mona Lisa menghilang akibat dicuri oleh Vincenzo Peruggia yang bekerja sebagai pegawai di museum tersebut. Dua tahun kemudian, Lukisan yang diperkirakan nilainya mencapai lebih dari US$ 2 miliar atau lebih dari Rp 26,8 triliun ditemukan dan dikembalikan ke Museum Louvre.

 

2. Biola Davidoff-Morini Stardivarius

Biola ini adalah biola yang dibuat oleh masetro pembuat biola, Antonio Stradivari pada tahun 1727. Stradivari sendiri dikenal menghasilkan biola-biola yang bermutu tinggi. Sebuah biola karya Stadivari dihargai jutaan dollar, dan biola Davidoff-Morini Stardivarius ini mempunyai harga 3,5 juta dollar amerika. Biola tersebut pernah dicuri pada tahun 1995, dicuri dari apartemen pemain biola terkenal Erica Morini di New York. Pencurian ini masuk kedalam FBI Top Ten Art Crime List.

Biar Tidak Stres di Jalanan, Gunakan 5 Cara Efisien ini Guys!

3. Sepatu Rubi The Wizard of OZ

Sepatu unik yang diberi nama ruby slippers ini adalah properti dari film terlaris dan sukses, The Wizard of Oz yang tayang pada tahun 1939. Kesuksesan film tersebut membuat sepatu Rubi menjadi sesuatu yang sangat berharga dan langka karena hanya terdapat 6 pasang. Sepatu rubi dihargai oleh seorang kolektor senilai 612.000 dollar dan sepasang lainnya akan dilelang dengan harga 2 juta dollar. Namun, satu dari sekian sepatu rubi ini pernah dicuri pada tahun 2005 dan setelah ditemukan kembali kondisinya sangat mengenaskan.

4. Kerangka Dinosaurus

Karena nilai sejarahnya yang tinggi membuat benda ini sangat berharga bagi dunia arkeologi, hingga dihargai lebih dari 1 juta dollar AS. Namun, lebih dari setengah lusin Kerangka dinosaurus ini sempat dicuri dan diselundupkan ke Amerika oleh Eric Prokopi dari Florida. Sialnya saat akan dijual ke pelelangan, Propoki tertangkap dan kemudian dijatuhi hukuman penjara selama tiga bulan. Tulang-tulang itu kemudian dikembalikan ke Mongolia.

Hati-Hati Gejala Rasa Nyeri Pada Telinga, Sangat Berbahaya!

5. Lukisan The Scream

Bagi mata orang awam, lukisan itu memang terlihat seperti gambar dari krayon buatan anak-anak. Tetapi, seorang kritikus seni bernama Arthur Lubow menyebut The Scream sebagai ikon seni seperti Mona Lisa pada masanya. Tak heran kalau lukisan tersebut dihargai hingga 119,9 juta dolar. Namun, tahun 2004, The Scream sempat dicuri dari dinding Munch Museum di Oslo, Norwegia. Pelakunya adalah dua orang bersenjata yang mengenakan topeng ski hitam. Lukisan itu hilang selama dua tahun sembilan hari, setelah akhirnya berhasil ditemukan lagi.

(Visited 121 times, 1 visits today)