Bosan di Kantor Lama? Ini Alasan Asyiknya Bekerja di Kantor Coworking Space!

0
2
coworking space

Bukan sekadar tempat kerja, coworking space yang belakang ini begitu banyak digemari. Bosan di Kantor Lama? Ini Alasan Asyiknya Bekerja di Kantor Coworking Space! 

Bukan sekadar tempat kerja, coworking space yang belakang kini menjadi tren ditujukan sebagai tempat bekerja tanpa ada “rasa kantor” di dalamnya. Coworking space adalah wadah dimana profesional, freelancer, startup bahkan pelajar atau mahasiswa dari berbagai latar berbeda bisa bertemu, berkenalan, bahkan berbagi ide serta mewujudkannya.

Perkembangan perusahaan start up dan membaiknya akses internet, terutama di kota-kota besar memungkinkan banyak pekerjaan dilakukan tanpa harus bertatap muka. Kondisi ini kemudian melahirkan tren untuk bekerja di luar kantor, atau tempat yang biasa disebut dengan coworking space. 

Coworking Space Lebih Nyaman dari Cafe

Bagaimana cara bekerja di coworking space? Anda cukup menjadi anggota, dan memilih jenis paket yang terdiri dari berbagai fasilitas. Saat bekerja di coworking space yang berkesan santai, Anda tetap harus ingat bahwa ada pengguna lain yang menggunakan ruangan yang sama.

Ini 5 Tanda Hasrat Mengundurkan Diri dari Tempat Bekerja Sekarang!

Karena tempat bekerja digunakan bersama, maka ada beberapa etiket yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Ingat Batas Meja Kerja

Umumnya meja kerja di coworking space memiliki desain panjang, artinya Anda menggunakan meja yang sama dengan pengguna lain. Maka Anda harus tahu batasan meja yang Anda sewa, perhatikan barang bawaan Anda, seperti laptop atau alat tulis agar tidak melewati batasan ini. Jaga juga kerapian meja Anda agar tidak berantakan dan mengganggu kenyamanan pengguna lain.

2. Rapi dan Bersih

Meski coworking space mengizinkan Anda untuk makan dan minum di meja kerja, Anda tetap harus menjaga kebersihan. Singkirkan bekas makanan dan minuman Anda, jaga pantry selalu bersih dengan membuang sisa makanan ke tempat sampah. Jika Anda menggunakan fasilitas seperti papan tulis, hapus tulisan setelah selesai digunakan.

3. Gunakan Fasilitas Seperlunya

Fasilitas seperti kertas dan printer biasanya tersedia gratis bagi penyewa coworking space. Gunakan fasilitas ini secukupnya, jangan karena gratis Anda jadi boros kertas dan tinta. Tarif yang Anda bayarkan, tentunya sudah diperhitungkan sedemikian rupa untuk dapat menutupi biaya operasional standar. Jika memang kebutuhan Anda lebih dari yang disediakan dalam paket, ada baiknya menyatakan hal ini kepada pengelola untuk mengetahui kebijakan mereka.

Waspada! Ini Gejala yang Mengharuskan Anda Mencari Pekerjaan Baru..

4. Jaga Ketenangan

Karena menggunakan ruang bersama-sama, Anda wajib menjaga suasana ruang kerja agar tetap kondusif untuk bekerja. Bila Anda harus menerima telepon, usahakan pergi ke ruangan yang lain agar tidak mengganggu yang lain. Gunakan headset/earphone bila ingin mendengarkan musik sambil bekerja. Juga pastikan nada dering yang Anda pakai bukanlah nada ramai yang dapat menarik perhatian sekitar.

5. Ramah Perlu, Tapi…

Kerja di coworking space juga jadi cara ampuh untuk tambah networking yang bisa jadi bibit-bibit kolaborasi. Seru, kan? Memang tidak ada salahnya berkenalan dengan orang yang duduk di samping kanan-kiri Anda, namun lakukan hal ini secara sopan dan profesional. Ingat bahwa ini bukan klub atau restoran.

(Visited 20 times, 1 visits today)