Duh! Cahaya Biru Ponpin Bisa Naikkan Risiko Kena Kanker Prostat

0
5

Ya, jika masih suka kepoin akun Instagram si dia malam-malam sebelum tidur via ponpin, ini saatnya untuk nggak lakukan itu dan langsung tidur! Risikonya bisa kena kanker prostat, euy…

 

Ya, studi terbaru temukan fakta kalau lampu ponsel pintar alias ponpin nyatanya bisa picu kanker prostat!

Nggak percaya?

Riset yang dilakukan para ahli menunjukkan pancaran lampu biru dari ponpin (bahkan lampu jalan) membuat bingung metabolisme tubuh kapan waktunya tidur atau nggak. Bukti-bukti kuat mendukungnya kenapa bisa sampai memicu risiko kena kanker.

 

Wuidih! Ponpin Apel Kegigit dan Android Bakal Punya 157 Emoji Seru di Tahun Ini

 

Jurnal dari Environmental Health Perspectives menunjukkan kalau lampu biru mengekspos risiko kanker prostat (pada pria), sedangkan pada wanita bisa memicu kanker payudara hingga 1,5 kali lipatnya.

Untuk memastikan pancaran sinar malam tersebut memang berbahaya, periset dari Eropa yang dilakukan via Barcelona Institute for Global Health mengumpulkan data lebih dari 4 ribu orang. Partisipan ini adalah mereka yang terkena kanker prostat dan payudara maupun mereka yang nggak terkena kedua kanker tersebut – dan berusia 20 hingga 85 tahun.

 

 

Para ahli memakai kuesioner untuk mendapatkan gambaran keadaan kamar tidur mereka – apakah mereka tidur dalam gelal-gulita atau lampu remang-remang.

Hasilnya?

Kondisi kamar terang dan pencahayaan lampu luar ruangan yang terang-benderang punya hubungan kuat dengan tingginya risiko kanker prostat!

 

Oy, Mesra-Mesra lah ke Ponsel Pintar Karena 6 Cara Ini Bisa Bikin Rusak Ponpin!

 

“Banyak kota yang menggantikan lampu model lama dengan model lampu baru dengan cahaya biru, kita semua sebenarnya tengah terkena ekspos tingginya pengaruh ‘lampu biru’ jalanan, yang justru mengganggu jam biologi kita,” jelas perancang riset Alejandro Sanchez de Miguel dari Universitas Exeter.

 

Bingkai jendela gelap

Hal ini sebenarnya sudah lama dicurigai para ilmuwan dan sekarang penemuan inovasi ini benar-benar punya hubungan kuat satu sama lain.

Penemuan ini pastinya nggak lantas jadi berita buruk karena para ahli juga menemukan fakta: dengan memakai bingkai jendela berpolesan warna gelap itu bisa menahan pengaruh cahaya lampu jalan sehingga bisa kurangi risikonya.

 

Ingin info sehat lainnya, yuk semua ada di POPULAR NOW dan rasakan goyangan lainnya. Buruan download versi PlayStore ini dan ini versi iOS -nya!

 

 

 

 

 

foto istimewa

 

 

(Visited 10 times, 1 visits today)