Hal Penting Tentang Mandi yang Perlu Anda Ketahui

0
1
mandi

Sebagian besar dari kita mandi dengan cara yang sama persis setiap hari, dan mungkin selama ini tidak pernah tahu sudah melakukan hal yang salah saat mandi.

Anda telah mandi hampir sepanjang hidup Anda, bukan? Kegiatan yang Anda lakukan setiap harinya. Faktanya, ada banyak hal, dan mungkin tidak ada yang pernah mengajari Anda tentang mandi dengan baik, begitu Anda tahu cara mandi yang benar, Anda mungkin akan menemukan beberapa perbaikan yang dapat Anda lihat di kulit Anda setelahnya.

Karena banyak dari kita tidak memahami, dan tidak menyadari bahwa beberapa kebiasaan khas kita sebenarnya bisa saja malah merusak kulit. Memang tidak ada tutorial atau belajar online yang mungkin bisa membantu membimbing kita mengenai bagaimana membersihkan diri. Karenanya, ada kebiasaan mandi yang kurang baik untuk tubuh Anda, atau untuk planet ini, yang mungkin tidak pernah Anda sadari.

Air yang terlalu panas dapat merusak kulit

Mandi air panas bisa terasa menenangkan, tapi, air yang sangat panas akan memperburuk kondisi kulit, seperti kekeringan, dan bisa menghilangkan minyak alami pada kulit Anda. Air panas juga dapat mengiritasi kulit dan membuat Anda merasa tidak segar. Selain itu, mandi air panas bisa meningkatkan suhu tubuh Anda, sehingga membuat Anda berkeringat setelah mandi, juga meningkatkan kemungkinan residu keringat yang mengundang pertumbuhan bakteri, dan menciptakan bau badan. Ini pun menyebabkan kulit Anda gatal, serta merangsang sistem peredaran darah Anda secara berlebihan, dan menyebabkan peradangan. Jadi, jika Anda terlihat seperti lobster ketika keluar dari kamar mandi, itu pertanda Anda mandi dengan air yang terlalu panas. Air dengan suhu terbaik adalah yang hangat suam-suam kuku.

mandi

Pewangi dapat mengiritasi kulit

Tentu saja, mandi dengan keharuman akan selalu terasa enak, tetapi mungkin tidak bagus untuk kulit Anda. Wewangian baik itu sintetis dan alami dapat mengiritasi kulit. Wewangian atau pengharum yang ditemukan dalam produk kecantikan seperti sabun, lotion, sampo, dan parfum dapat menyebabkan reaksi alergi atau iritasi pada kulit Anda.

Melembabkan kulit setelah mandi

Setelah Anda keluar dari kamar mandi, kulit Anda mulai kehilangan kelembaban. Tepuk-tepuk kulit Anda dengan lembut, dan gunakan pelembab, itu sepadan dengan kenyamanan dan penampilan kulit Anda. Pastikan untuk memilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda, dan lakukan dalam tiga menit setelah Anda selesai mandi sehingga kulit Anda belum begitu kering.

Selain Meningkatkan Kemesraan, Ini Manfaat Lainnya Mandi Bareng Pasangan!

Perhatikan tempat Anda mandi

Jika Anda mandi di gym atau kamar mandi umum lainnya, Anda bisa saja terkena infeksi. Jamur sangat hangat dan suka berada di kamar mandi. Jadi, gunakan alas kaki jika Anda harus berbagi kamar mandi dengan orang lain yang terkena jamur.

Gunakan sabun yang tepat

Sabun berbahan gel yang berbusa biasa digunakan secara berlebihan dan dapat membuat kulit Anda terasa kering dan gatal karena menghilangkan minyak alami. Carilah sabun yang diformulasikan mengandung ceramides, lemak alami untuk kulit. Anda juga dapat menggunakan krim sorbolene untuk pembersih bebas sabun. Ini mengandung bahan yang cenderung melembabkan juga membersihkan kulit Anda dengan aman, serta tidak menghilangkan minyak dari kulit Anda.

Mencuci kaki

Anda mungkin berasumsi bahwa semua sabun yang Anda usapkan ke tubuh dan kaki akan menetes ke bawah sehingga bisa membersihkan bagian bawah kaki tanpa Anda harus menggosokannya, tapi Anda salah. Setiap kaki memiliki lebih dari 250.000 kelenjar keringat yang menghasilkan 300-400 mL keringat per hari. Ini adalah lingkungan yang sempurna di mana bakteri berbahaya bisa tumbuh, dan dapat berakhir dengan masalah bau kaki. Cuci kaki Anda dengan benar, dan keringkan juga sela-sela di antara jari-jari kaki Anda.

Bikin Bau Badan Tidak Sedap, Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini!

Hindari keramas setiap hari

Bahkan mereka yang memiliki kulit kepala berminyak harus membatasi untuk mencuci rambut. Apalagi Anda yang punya rambut tebal dan kasar, cukup 2-3 kali dalam seminggu, sehingga minyak alami pada rambut Anda punya waktu untuk terbentuk, karena minyak alami pada rambut membuatnya tetap sehat. Keramas setiap hari hanya akan menyebabkan terkelupasnya kulit kepala, juga dapat menyebabkan rambut kering, serta ujung rambut bercabang.

Sepuluh menit adalah waktu maksimal yang harus Anda habiskan untuk mandi. Lebih lama dari itu, Anda berisiko mengeringkan kulit Anda, juga membuang-buang air yang berharga. Menggosok terlalu keras saat sedang mandi, atau bahkan ketika menggunakan handuk, dapat mengiritasi kulit Anda. Hal-hal menarik ini tentu dapat membantu Anda untuk mandi secara tepat dan benar, serta membuat kulit juga tubuh Anda dapat merasakan efek dari hasil terbaik.

(Visited 310 times, 1 visits today)