Inilah Sederet Manfaat Daging Kambing. Asal Jangan Berlebihan!

0
6
daging kambing

Mau disajikan berupa sate, sop atau gulai, daging kambing memang begitu nikmat. Inilah Sederet Manfaat Daging Kambing. Asal Jangan Berlebihan!

Hampir semua orang sepakat, daging kambing kaya manfaat dan khasiat untuk kesehatan di samping sepakat kelezatannya. Masyarakat Indonesia biasa mengolahnya menjadi aneka masakan seperti gule, tongseng, sate, sup, dan sebagainya. Namun, ada stigma masyarakat bahwa daging ini penyebab naiknya kolesterol yang menyebabkan berbagai macam penyakit. Benarkah demikian?

Kandungan gizi yang terdapat dalam daging kambing tiap 100 gram memang tinggi, lemak sebanyak 11 gram, lemak jenuh 5 gram, kolesterol 109 mg, sodium 135 mg, energi 109 kkal. Komponen lainnya seperti mineral, vitamin dan berbagai asam amino juga lengkap sehingga sangat bagus dikonsumsi untuk tubuh. Jadi, stigma negatif daging ini untuk tubuh kita yang terlanjur tersemat di pikiran orang harus dibuang jauh-jauh.

Nah dibawah ini ada beberapa manfaat daging kambing, asal dikonsumsi jangan berlebihan:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jangan salah lagi yah, daging domba dan kambing hanya mengandung kurang lebih 1 gram kolesterol. Sama sekali sangat kecil dan tak mampu meningkatkan kolesterol dalam pembuluh darah secara signifikan. Justru konsumsi daging merah ini bisa mempertahankan kesehatan jantung, mencegah penyakit jantung koroner, aterosklerosis dan lain-lain.

3 Mitos Daging Kambing Ini Penting!

2. Mencegah Kanker

Khasiat daging kambing ini berkat adanya kandungan mineral dan vitamin seperti zat besi, kolin, vitamin B, dan selenium yang cukup tinggi. Terutama zat kolin dan selenium yang berperan besar dalam hal menangkal serangan kanker dan perkembangan sel-selnya. Asam linoleat terkonjungasi atau CLA terbukti ampuh mencegah peradangan akibat kanker dan tumor ganas.

3. Mengurangi Berat Badan

Jangan salah, konsumsi daging tak membuat Anda gemuk lho. Justru bisa mengurangi berat badan. Khasiat daging kambing ini berkat adanya protein tinggi beserta lemak cukup rendah yang membantu mengendalikan berat badan, mencegah obesitas, dan kegemukan. Metabolisme pembakaran lebih lancar berkat adanya vitamin B.

4. Menangkal Stress

Masih berkaitan dengan peran vitamin B12, zat ini memberikan reaksi menenangkan pikiran dan menyehatkan sel-sel syaraf. Inilah yang membuat orang merasa lebih baik dan lebih segar. Juga membuat psikologis seseorang menjadi lebih baik setelah mengkonsumsi olahan masakan kambing.

Saatnya Weekend Getaway ke Bogor: Jalan, Makan, Jajan!

5. Mencegah Depresi

Konsumsi daging hewan bernama ilmiah Capra sp ini supaya menekan depresi yang sedang melanda Anda. Vitamin B12 yang terkandung di dalamnya akan memberikan efek menenangkan sekaligus membuat bugar pikiran.

Nah, berhubung esok lebaran Idul Adha, yuk makan daging kambing. Tapi ingat ya, jangan berlebihan makan nya!

(Visited 2,445 times, 1 visits today)