Mulai dari Senyuman Sampai Tatapan Mata, Ini 5 Sistem Pembayaran Paling Unik di Dunia!

0
6
Mulai dari Senyuman Sampai Tatapan Mata, Ini 5 Sistem Pembayaran Paling Unik di Dunia!

Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih dan berkembang, membuat teknologi pembayaran atau transaksi semakin mudah, bahkan tak terbayangkan!

 

Pada era yang saat ini sudah serba canggih, berbelanja dengan sistem pembayaran pun dibuat semakin mudah saja. Mulai dari pembayaran dengan menggunakan kartu, sampai dengan uang digital semisal bitcoin dll. Eitss tapi hal ini mungkin sudah dianggap biasa mengingat kita sudah memasuki era modern, dimana sistem pembayaran telah mengalami kemajuan.

Sekarang ini bahkan ada sistem pembayaran yang sangat canggih namun terbilang unik dan tak terbayangkan sebelumnya. Penasaran POPle?

1. Bayar pakai ‘Senyum’

Metode pembayaran pakai ‘senyum’ pertama kali diterapkan oleh restoran cepat saji (fast food) KFC, di Tiongkok. Pembayaran nontunai ini terbilang menarik, karena orang yang akan membeli menu di KFC kota Hangzhou ini hanya membayar dengan ‘senyuman’ yang langsung diidentifikasi oleh teknologi pengenalan wajah (face recognition system).

Alat pindai wajah yang dikombinasikan dengan kamera 3D dan deteksi algoritma ini dinamakan Smile to Pay. Cara pembayaran yang tergolong unik tapi canggih ini dikembangkan Yum China Holdings Inc.

2. Bayar pakai pergelangan Tangan

Tak kalah canggih, pembayaran digital ini dinamakan J Microchip Implants. Nantinya di pergelangan tanganmu akan ditanamkan biometrik keping (chip biometric implants). SJ Microchip Implants yang ditanam tersebut akan menyimpan informasi mengenai akun tiket pribadi. Jadi nantinya petugas kereta api hanya akan memindai tanganmu saja. Tapi, untuk menggunakan teknologi pembayaran ini syaratnya tidak boleh takut saat dibedah ya!

Dibayar Pakai Bitcoin, Penari Cantik nan Seksi Ini Hasilkan Ratusan Juta Sebulan!

3. Bayar pakai Tatapan Mata

Teknologi pembayaran ini telah dikembangkan melalui smartphone keluaran Negeri Matahari Terbit alias Jepang. Sistem pembayarannya cukup unik karena hanya menggunakan tatapan mata saja. Pada smartphone telah dilengkapi teknologi pengenalan selaput pelangi mata (iris recognition). Lalu, untuk membayar produk, kamu tinggal menyorotkan pandangan mata di layar kamera ponsel saja, karena smartphone ini telah dilengkapi dengan fitur biometric eye print.

4. Bayar dengan Sidik Jari

Memang biasanya sidik jari dipergunakan untuk absensi karyawan atau juga membuka kunci smartphone. Namun ternyata fingerprint juga bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran. Adalah Jepang yang telah menerapkan teknologi ini untuk memudahkan orang bertransaksi. Bahkan kedepannya mereka akan mengembangkan transaksi dengan sidik jari untuk mengambil uang di ATM.

Pria Wajib Baca! Inilah 5 Rahasia Menjadi Pria Idaman Para Wanita

5. Bayar dengan Kunci Mobil

Apakah kamu pernah mengalami kejadian saat kita sudah di pusat perbelanjaan, tapi apesnya dompet ketinggalan di rumah? Dan kita harus mengambil dompet itu lagi kerumah dengan mobil yang pastinya akan menghabiskan bensin lagi. Lalu, kenapa tidak menggunakan kunci mobil saja untuk membayar semua belanjaan yang dibeli?

Baru-baru ini, produsen asal Perancis DS dan Barclaycard meluncurkan teknologi pembayaran yang disebut DS3 atau Connected Chic. Kamu akan bisa membayar barang belanjaan semudah membuka pintu mobil dengan memencet pindai jarak jauh (scan remotely). Ya, teknologi multifungsi selalu memberikan pilihan kemudahan dalam melakukan berbagai hal.

 

Jadi mau coba yang mana POPle? Mau artikel menarik lainnya? Download aja aplikasi POPULAR NOW yang tersedia di Google Playstore dan iOS Store atau bisa langsung unduh disini!

(Visited 60 times, 1 visits today)