Ini Tanda-Tanda Pria Dehidrasi selain Kehausan!

0
1

Dehidrasi adalah keadaan di mana tubuhmu kekurangan cairan. Hal itu berarti cairan yang keluar dari tubuhmu lebih banyak dibandingkan cairan yang masuk. Sejak dulu, kamu pasti sering mendengar pentingnya minum air sebanyak 2 liter sehari. Nah, kalau kamu kekurangan cairan dalam tubuh, kamu akan merasakan beberapa gejala. Gejala yang paling jelas adalah rasa haus. Tapi, ternyata, gejala-gejala di bawah ini juga pertanda kalau kamu kekurangan cairan, lho!

Bau Mulut

Bau mulut disebabkan karena volume air liur dalam mulut berkurang. Karena itu, mulut menjadi kering dan bakteri akan berkembang.

Baca juga: Punya Kebiasaan Ngemil Nggak Sehat? Coba Atasi dengan Cara Ini!

Kram Otot

Saat tubuh mengalami dehidrasi, sinyal dari otak ke otot tidak dapat bekerja secara maksimal. Hal itu dapat menyebabkan kram, terutama pada bagian kaki. Lalu, kekurangan cairan juga dapat menyebabkan elektrolit dalam otot tidak seimbang sehingga menyebabkan kram dan rasa nyeri setelah berolahraga.

Baca juga: Keseringan Nge-charge? Nih Cara Hemat Baterai yang Jarang Diketahui!

Pusing

Cairan tubuh berpengaruh penting pada volume darah dalam tubuh, termasuk tekanan darah. Saat tubuh kekurangan cairan, tekanan darah akan menurun sehingga menyebabkan rasa pusing dan tubuh menjadi tidak seimbang.

Jarang Buang Air Kecil

Frekuensi buang air kecil juga dapat menjadi tanda bahwa tubuh dehidrasi. Normalnya, seseorang harus mengeluarkan urin setiap 3–4 jam. Akan tetapi, saat tubuhmu kekurangan cairan, kamu akan mengeluarkan urin setiap 8–10 jam. Hal itu tentu membahayakan kesehatan karena racun yang terdapat dalam tubuhmu tidak dapat dikeluarkan dengan maksimal lewat urin.

Selain gejala di atas, ada pula tanda-tanda lainnya yang menandakan kalau kamu dehidrasi. Tanda itu adalah tidak mengeluarkan saat menguap atau menangis, mata dan pipi cekung ke arah dalam, warna urin gelap, sempoyongan, dan detak jantung menjadi lebih cepat. Jadi, pastikan kamu memenuhi kebutuhan cairan harianmu, ya, POPle!

Baca juga: Daripada Kebablasan, Coba Berhenti Stalking Mantan dengan 3 Cara Ini!

Butuh info lainnya? Langsung aja dapetin Video petunjuknya dari aplikasi POPULARNow yang bisa langsung diunduh di Google Playstore dan iOS Store.

(Visited 5 times, 1 visits today)