Ini yang Kalian Rasakan Saat Usia Sudah 30 Tahun Tapi Belum Menikah!

0
2
belum menikah

Usia sudah matang, pekerjaan pun sudah mantap. Tapi kok kenapa belum menikah?? Ini yang Kalian Rasakan Saat Usia Sudah 30 Tahun Tapi Belum Menikah!

Masyarakat kita masih punya hobi tanya “kapan nikah?” di kesempatan apapun, entah itu kondangan, kumpul keluarga maupun reuni. Alasannya karena usia nikah yang dianggap normal di sini adalah di usia 20-an. Jadi ketika kamu belum juga menikah atau memperlihatkan tanda-tanda punya jodoh di usia 20-an, maka kamu akan dihujam dengan pertanyaan “kapan nikah?” sampai muak.

Apalagi kalau kamu sudah mencapai usia 30-an atau bahkan lebih, hal-hal ini yang akan kamu rasakan kalau sampai belum nikah di usia segitu. Sabar dan hati-hati, ya!

1. Undangan Pernikahan Terlihat Horor

Kali ini undangan yang datang bukan hanya dari teman-teman seumuranmu, tapi juga adik-adik tingkatmu. Melihat undangan itu rasanya kamu mendapatkan mimpi buruk sepanjang malam. Semuanya terlihat menakutkan, rasanya kamu lebih baik tidak dianggap agar tak dapat undangan.

5 Tanda-Tanda Ini Menyatakan Anda Belum Siap Menikah!

2. Paranoid Tak Punya Teman Kondangan

Bagaimana tidak? Sebagian besar kawan-kawanmu sudah datang kondangan bersama dengan suami atau istrinya, dan bahkan anaknya. Sementara kamu? Ya, kamu masih sendiri saja. Tiap mendekati hari H kondangan hanya ada satu hal yang kamu khawatirkan, “kamu akan datang dengan siapa?”. Kamu bahkan terpikir untuk tidak usah datang sekalian.

3. Memutuskan Untuk Tidak Menikah

Jika sebelumnya kamu tidak berpikir untuk tidak menikah, maka di usia 30-an kamu dengan ikhlas menerima kemungkinan itu sebagai sebuah pilihan. Pilihannya kini bukan hanya soal dengan siapa kamu akan menikah tapi juga tentang menjalani sisa kehidupanmu sendiri.

4. Sekali Hatimu Berkata ‘Masih Ada Waktu’

Come on! Kamu masih baru berkepala tiga, belum kepala empat. Masih ada waktu untuk menemukan seseorang yang satu visi dalam kehidupan. Terkadang pikiran positif dan harapan ini masih bersemayam dalam hatimu, meski keraguan dan kecemasan menjadi satu.

Dari Sisi Psikologis, Inilah Umur yang Ideal Untuk Menikah Bagi Pria!

5. Apa yang Dipikirkan Orang Jadi Kekhawatiran Kamu

Kamu mulai khawatir dengan apa yang orang pikirkan tentangmu yang sudah cukup umur tapi belum juga punya gandengan. Kamu benci memikirkan bahwa banyak orang jatuh kasihan padamu padahal kamu kuat dan baik-baik saja dengan kehidupanmu.

(Visited 104 times, 1 visits today)