Menurut Penelitian, Melakukan Hal Ini Ampuh Atasi Stres di Tempat Kerja!

0
3
Stres

Tekanan serta kejenuhan saat bekerja sering kali menjadi pemicu stres di tempat kerja. Namun, bila dibiarkan terus berlarut-larut maka hal ini bisa membuat produktivitas kerja menurun! Tenang, lakukan saja hal ini..

 

Kerja seharian terkadang membuat orang mengalami stres, terlebih lagi jika kerjanya itu dibawah tekanan. Rasa-rasanya kepala ingin pecah.  Lantas bagaimana caranya agar stres itu bisa hilang?

Salah satu cara sederhananya yaitu bermain game. Bermain game disaat senggang ternyata bermanfaat, apalagi dilakukan saat kita sedang stres di tempat kerja. Ya, sebuah penelitian melaporkan orang yang memainkan video game menunjukkan pemulihan afektif daripada kondisi relaksasi normal.

Bermain video game bahkan mengembalikan kemampuan afektif individu dan mengembalikan mood seseorang. Di sisi lain, mereka yang beristirahat dalam diam tetap merasa stres,  sedangkan mereka yang berpartisipasi dalam aktivitas relaksasi seperti bermain game menunjukkan pengurangan tingkat stres.

Ups! Ini Ternyata 5 Alasan Ortu Si Dia Nggak Suka Sama Kita

Seperti Apa Kata Para Ahli?

“Orang-orang harus melakukan istirahat sejenak menyediakan waktu bagi aktivitas yang menarik dan menyenangkan, seperti bermain video game. Game yang bisa membantu mereka melepas stres, “kata Michael Rupp, Mahasiswa doktoral di University of Central Florida di AS.

Studi yang dirinci dalam jurnal Human Factors: Journal of Human Factors and Ergonomics Society,  berimplikasi pada mereka yang bekerja di bidang  keselamatan publik seperti pengendalian lalu lintas udara dan perawatan kesehatan.

Untuk penelitian tersebut, Rupp dan timnya memberikan tugas berbasis komputer yang bisa mendorong kelelahan kognitif  66 partisipan yang terlibat.

Hah, Jumlah Sperma yang Dihasilkan Pria di Dunia Kian Menurun! Ini Penyebabnya..

Mereka kemudian diberi waktu istirahat selama lima menit. Selama jeda, mereka dizinkan bermain video game atau duduk diam di ruang pengujian tanpa menggunakan telepon atau komputer.  Selama penelitian ini, para peneliti mengukur pengaruh peserta (misalnya tingkat stres, mood) dan kinerja kognitif.

(Visited 54 times, 1 visits today)