Mengatasi Rasa Kesepian Saat Sendiri Selama Liburan

0
4
liburan

Liburan adalah tentang menghabiskan waktu bersama orang yang Anda cintai dan merayakannya bersama teman-teman dan keluarga.

Liburan dapat menjadi tantangan bagi orang-orang yang baru saja mengalami kehilangan, yang tidak dekat dengan keluarga, yang sudah bercerai atau yang terpisah jauh dari orang-orang terdekatnya. Sederhananya, musim liburan pun bisa terasa sangat berbeda bagi sebagian orang.

Mencari kegiatan untuk mengisi waktu

Keinginan untuk menghindari liburan mungkin terpikir oleh Anda, tetapi hal itu bisa meningkatkan gejala kesepian dan bahkan depresi. Tidak ada keajaiban untuk itu, Anda hanya perlu mengambil langkah untuk mengisi waktu luang.

Rencanakan sejak awal

Jika Anda tahu bahwa tidak bisa menghabiskan liburan bersama keluarga, hubungi teman atau tetangga yang Anda kenal dekat untuk dapat merencanakan kegiatan bersama mereka. Jika ada yang mengundang Anda ke sebuah acara, ambil kesempatan tersebut dan katakan ya. Beri orang-orang di sekitar Anda kesempatan untuk menemani waktu liburan Anda.

liburan

Menjadi tuan rumah saat acara

Ajak siapa pun orang-orang di sekitar Anda dan undang mereka ke rumah. Lakukan kegiatan yang menyenangkan bersama. Mulai dari memasak, menonton film, bermain game, atau sekedar mengobrol.

Habiskan dengan melakukan hal positif

Menjadi sukarelawan atau menyumbangkan sesuatu yang berguna, tentu akan jauh lebih bermanfaat. Cara terbaik untuk menerima cinta dari orang lain adalah dengan memberikan cinta, waktu dan energi Anda bahkan beberapa tindakan kebaikan terhadap orang lain akan mengubah perasaanmu. Dengan memberikan waktu dan upaya Anda kepada mereka yang kurang beruntung dapat meningkatkan hubungan Anda dengan orang lain dan memberi Anda perspektif yang lebih besar serta kedamaian batin.

Akhiri Kesepianmu Karena Kamu Tak Perlu Lagi Merasa Sendiri

Lakukan sesuatu yang baru

Ini dapat membantu jika Anda baru saja kehilangan seseorang yang istimewa. Dengan memulai yang baru tentu bisa menghilangkan perasaan sepi atau sedih agar tidak berlarut-larut.

Ketahuilah bahwa tidak masalah apabila memang tidak merasa baik-baik saja

Liburan akan menjadi sulit jika Anda tidak sedang berada di sekitar keluarga. Bersabarlah dan berusaha lembut dengan diri sendiri jika Anda merasa tidak mood untuk melakukan apapun. Beri diri Anda ruang untuk memproses semua emosi yang  Anda rasakan. Tidak apa-apa untuk tidak merasa baik. Tidak mengapa untuk merasa kesepian, atau merindukan mereka. Meluangkan waktu sebentar untuk diri sendiri dan bertanya ke dalam diri bagaimana perasaan Anda.

Batasi waktu di media sosial

Media sosial Anda pasti akan diisi dan dipenuhi dengan postingan orang-orang yang berkumpul dengan keluarga dan teman-temannya. Penelitian pun menunjukkan bahwa penggunaan media sosial yang berlebihan dapat menyebabkan meningkatnya perasaan kesepian.

Kalau Sedang Sendirian, Ini yang akan Dilakukan Wanita Saat Dirinya Lagi Horny!

Tetap bersyukur

Pada saat sedih dan kesepian sekalipun, kita semua masih memiliki hal-hal yang patut disyukuri. Melatih diri Anda sendiri untuk mengenali apa yang Anda syukuri dan berfokus pada hal positif mungkin akan bisa membantu.

Lakukan sesuatu diri Anda sendiri

Luangkan waktu untuk memanjakan diri selama liburan dan manjakan diri Anda dengan pergi ke salon atau spa dan juga melakukan hobi atau kegiatan yang benar-benar Anda sukai.

Kenali kesepian Anda daripada menyangkalnya. Perasaan Anda nyata dan perlu ditelusuri. Jika Anda merasa tidak dapat berbagi dengan keluarga atau teman tentang apa yang Anda alami, pertimbangkan untuk berbicara dengan terapis. Coba juga untuk berlibur dengan cara yang berbeda. Jika berada di rumah atau menghadiri acara adalah sumber ketidaknyamanan, lakukan perjalanan ke luar kota. Lakukan apa yang Anda bisa untuk mengurangi stres dan terhubung dengan hal-hal dan kegiatan yang Anda nikmati. Apapun yang terasa aman dan membawa Anda pada perasaan nyaman.

(Visited 362 times, 1 visits today)