Hah, Benarkah Mesin Cuci Bisa Merusak Kualitas Sperma? Ini Kata Peneliti..

0
3

Tahukah kamu kalau ternyata mesin cuci bisa berbahaya bagi kesuburan sperma? Ya, bahan kimia bisa mengganggu hormon, dan pelakunya adalah mesin cuci itu sendiri.

 

Pasti cukup membingungkan saat mendengar ternyata kesehatan sperma mampu berpengaruh terhadap peenggunaan mesin cuci. Kira-kira bagaimana proses terkontaminasinya zat buruk dalam mesin cuci tersebut terhadap sperma? Sebelum jauh memikirkannya tentu peristiwa ini sangat aneh. Biasanya yang membuat kesehatan sperma menurun adalah pola hidup yang tak sehat.

Namun kali ini sebuah penelitian telah mengungkapkan misteri dibalik penyebab kesehatan sperma. Seperti dilansir dari The Telegraph, sebelumnya banyak ahli berpikir jika bahan kimia yang digunakan untuk membuat plastik, phthalates, dapat merusak kualitas sperma laki-laki. Namun sejak 1940-an, para pakar tidak mengetahui penyebab pastinya.

Kemudian pada 1988 terungkap,  konsentrasi tertinggi phthalates dalam tubuh perempuan dapat mempengaruhi kesuburan wanita. Tapi lagi-lagi, hasil penelitian bisa dibuktikan hanya sebatas efek buruk dari phthalates .

Ternyata 5 Bumbu Dapur Ini Bisa Dijadikan Sebagai Obat Pertolongan Pertama!

Dan setelah melakukan banyak penelitian dan mencari referensi, para peneliti di University of Toronto percaya mereka telah menemukan jawaban lain. Ini mengenai bagaimana bahan kimia bertanggung jawab atas pencemaran yang terjadi terhadap kesehatan sperma.

Menurut hasil data, pimpinan penulis Dr. Miriam Diamond dari Departemen Fisika dan Ilmu Lingkungan di Toronto mengatakan jika zat tersebut bisa menempel. “Tampaknya bahan kimia phthalates ini bisa menempel pada serat pakaian. Kemudian pakaian ini dicuci menggunakan air menggunakan mesin cuci. Proses inilah yang mempengaruhi kesehatan sperma,” jelas Dr. Miriam.

Mantap! 3 Jurus Seru-Seruan Tampil Keren Bareng Temen Geng

Selain itu menurut Direktur Eksekutif CHEM Trust, Dr Michael Warhurst, kebanyakan orang tidak menyadari betapa banyak bahan kimia berbahaya yang ditemukan di rumah. Tapi kita bisa mengurangi paparan bahan kimia ini dengan menjaga rumah tetap bersih.

 

Jadi, mulai dari sekarang cobalah untuk mengurangi penggunaan mesin cuci untuk membersihkan pakaian dalam..

(Visited 28 times, 1 visits today)