Podcast Menjadi Sebuah Media Baru Di Dunia Siaran Indonesia

0
7
siaran

Kemajuan teknologi juga merambah dalam dunia siaran atau broadcast. Siaran itu lazim disebut Podcast yang merupakan kepanjangan dari iPod dan Broadcast.

Beberapa tahun terakhir, muncul siaran audio yang semakin kreatif dan inovatif karena bisa diunggah melalui internet. Podcast sebenarnya sudah ada sejak tahun 2005, tetapi baru pada tahun 2007 mulai banyak digunakan dan berkembang pesat sejak 2011 hingga sekarang.

siaran

Podcast umumnya berupa audio dan video yang didengarkan seperti kamu mendengar radio. Biasanya terbagi atas episode-episode dengan judul tertentu. Podcast merupakan rekaman asli audio atau video dan kamu perlu memilih mau mendengarkan podcast dari siapa dan apa topiknya.

Jika digambarkan, podcast mirip gabungan dari vlog di YouTube dan radio. Dengan materi siaran yang makin beragam, dari yang unik hingga berbagai topik kekinian yag disukai generasi zaman now menjadikan podcast makin digandrungi. Terlebih pada podcast pendengar bisa memilih tema yang disukainya. Ada banyak pilihan podcast yang bisa kamu dengar, mulai dari kategori yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat dan hobi.

Pendengar bebas mendengarkan program acara yang disukainya kapan saja, inilah bedanya podcast dengan radio. Artinya, tidak harus menunggu jadwal, pendengar podcast bisa menikmati program acara yang digemarinya kapan pun kamu mau. Itulah sebabnya podcast sangat cocok dinikmati orang-orang dengan mobilitas yang sangat tinggi.

Terungkap! Ini Dia Sosok Wajah Dibalik Topeng Marshmello…

Untuk mendengarkan podcast, kamu bisa menggunakan smartphone dan mendownload aplikasinya. Tidak ada iklan berlebihan seperti kamu mendengarkan radio. Kamu juga akan otomatis menerima episode baru di smartphone apabila sudah download aplikasinya. Podcast yang sudah didengar pun bisa dihapus sehingga tidak menghabiskan space memori di smartphone. Tetapi jangan khawatir, podcast sekarang bisa diakses dan digunakan dengan smartphone apapun, tidak harus iPhone atau iPod dari Apple.

Banyak situs website sekarang ini sudah memiliki podcast. Di luar negeri seperti Amerika, UK, Australia, kata podcast sudah cukup umum karena di sana sudah banyak sekali yang mendengarkan. Sedangkan di Indonesia memang belum banyak yang tahu apa itu podcast, apalagi bagaimana cara menggunakan dan memanfaatkannya. Saat ini podcast memang baru terkenal di pasar Indonesia.

Ini Janji Kanye West Kalau Dirinya Menjadi Presiden Amerika Serikat di Tahun 2024

Membuat podcast jauh lebih mudah dan tidak butuh investasi besar seperti stasiun radio sehingga pada akhirnya industri podcast sudah mulai menjadi media penyiaran baru yang favorit.

Sudah banyak artis-artis Hollywood yang mempunyai acara sendiri seperti Snoop Dogg, Pharrell Williams, bahkan Kendall Jenner. Ini tentu akan menaikkan kembali pamor radio sebagai format alternatif untuk mengisi waktu hiburan dan mungkin akan menjadi tren baru setelah vlog.

Bagi pendengar podcast, podcast adalah sebuah cara untuk menikmati konten menarik dari seluruh dunia secara gratis. Bagi penyiar podcast, podcast adalah cara yang sangat efektif untuk menjangkau banyak pendengar.

(Visited 684 times, 1 visits today)