10 Fakta Unik Tentang Pakaian Renang Yang Belum Pernah Kita Tahu!

0
6
Tersimpan 5 Fakta Mengejutkan Seputar Asal Muasal Terciptanya Pakaian Renang!

Pakaian renang jika ditelisik punya sejarah dan ceritanya yang panjang

 

Kegunaan pakaian renang itu sederhana. Digunakan oleh pria atau wanita dengan tujuan ingin melakukan aktivitas renang di lautan,  pinggir pantai atau kolam renang.  Tapi siapa sangka, walau fungsinya sederhana, pakaian renang telah mengalami evolusi panjang yang unik.

Nah, apa saja fakta unik tentang pakaian renang. Dilansir dari Buzz Feed, berikut 10 penjelasannya.

1. Pakaian renang pertama seperti gaun

Pakaian renang pertama wanita lebih seperti gaun dan terbuat dari kain tebal seperti kain flanel dan wol. Mereka sering dipakai dengan celana, topi, kaus kaki, dan sepatu. Tidak mengherankan, kain dan asesorisnya menyulitkan beberapa wanita untuk tetap mengapung.

2. Adalah ilegal bagi pria untuk topless di pantai Amerika sampai tahun 1937.

Membiarkan pria bebas topless di pantai adalah proses yang panjang di AS. Di Atlantic City, anggota parlemen membela peraturan tersebut, dengan mengatakan mereka tidak menginginkan “gorila di pantai kita.”

Jantzen menemukan “The Topper,” salah satu pakaian renang pria pertama yang memungkinkan mereka untuk memamerkan dada pada tahun 1932. Pakaian itu nampak seperti kaus dan celana pendek yang dilekatkan ritsleting.

3. Polisi biasa memonitor pantai dan mengukur panjang pakaian renang wanita

Perang Bikini Para Selebriti Dunia! Siapa yang Paling Seksi?

Banyak wanita ditangkap jika mereka melanggar peraturan berpakaian ketat yang mengatur berapa panjang rok mereka di pantai.

4. Dilarang umbar aurat

Wanita biasa mengganti pakaian renang di gerobak kayu, yang kemudian ditarik ke air oleh kuda sehingga tidak ada yang melihat tubuh mereka. Itu semua tentang kesopanan di tahun 1800-an dan 1900-an, dan diperkirakan wanita tidak boleh terlihat pakai pakaian renang saat di darat.

fakta pakaian renang

5. Ditangkap kalau senonoh

Perenang Australia Annette Kellerman pernah ditangkap karena tidak senonoh di Boston pada tahun 1907. Dia mengenakan pakaian renang satu potong yang perlihatkan lengan dan kakinya.

Pada saat itu, perenang, terutama wanita  tidak boleh memamerkan apapun di atas lutut. Kellerman, alias “The Original Mermaid,” merancang pakaian renang itu sendiri dan dianggap wanita pertama yang mengenakan baju renang satu potong,

6. Desain Kellerman ilhami pakaian renang pertama

Tapi desainnya itu akhirnya mengilhami pakaian renang wanita pertama di Olimpiade pada tahun 1912.  Bagi  Kellerman pasti terasa seperti keadilan yang manis.

7. Beratnya 20 Kg

Sampai abad ke-20, wanita “berenang” dengan memegang tali yang menempel pada pelampung karena pakaian renang mereka beratnya lebih dari 20 kilogram.

Parade Bikini di Siang Hari Bikin Bola Mata Menari-nari. Yuk Mari!!

8Bikini mendapat namanya dari Bikini Atoll, tempat senjata nuklir diuji.

Pakaian renang yang minim itu ditemukan pada tahun 1946, satu tahun setelah dijatuhkannya bom atom di Hiroshima dan Nagasaki.  Réard berharap bikininya akan mengejutkan semua orang seperti bom. Lucunya, penemuannya segera muncul setelah perancang lain, Jacques Heim, memperkenalkan pakaian renang mungil lainnya, yang dia sebut Atome.

9. Hampir tidak ada yang mau pakai model bikini yang pertama

Desainnya tak lazim di zamannya sehingga tidak ada model atau aktris yang mau mengenakannya. Tapi penari telanjang Prancis Micheline Bernardini  setuju memakai ciptaan Réard di depan umum.

10. Ada baju renang  disebut pubikini pernah dirancang untuk memamerkan rambut kemaluan wanita

Perancang Rudi Gernreich menciptakan monokini, satu potong yang secara sengaja memamerkan kedua payudara, tapi dia juga merancang pubikini pada tahun 1981. Tapi tak pernah dirilis ke publik.

(Visited 689 times, 1 visits today)