Kantor Masa Depan Ini Tanpa Kursi

0
3

Berdiri dan duduk, pastinya dua hal itu selalu Anda lakukan di kantor. Apakah terasa bosan? Setidaknya Anda membutuhkan sesuatu yang beda dan baru untuk tetap semangat bekerja.

Yap, ini lah yang menginspirasi sebuah perusahaan desain di Belanda. Sebuah konsep kantor baru yang dipamerkan di Amsterdam menawarkan tempat duduk bersandar. Kurang lebih cara bekerja yang tidak statis atau lebih banyak bergerak. Di kantor masa depan, Anda mungkin dapat bersandar dan tentu tidak di dukung patung batu.

“Kami mengatakan, bagaimana jika kita bisa menciptakan lingkungan kerja yang tidak didasarkan pada meja dan kursi lagi?” ujar Ronald Rietveld, salah satu pendiri dari RAAAF, sebuah perusahaan desain Belanda yang bekerja pada proyek dengan artis Barbara Visser. “Kami ingin menciptakan tidak hanya furnitur, tetapi cara baru untuk bekerja secara aktif pada skala lingkungan kerja secara keseluruhan,” lanjutnya.

Tujuan dari kantor masa depan

Kantor baru ini bertujan untuk membantu memerangi semua masalah dari kesehatan penyakit jantung dan diabetes, dimana bekerja duduk seharian berkontribusi pada kesehatan yang buruk. Sepanjang hari, orang bersandar di posisi yang berbeda dan terus bergerak di sekitar ruangan. “Ini kebalikan dari kursi kantor, yang berkembang menjadi semacam rakasa dari waktu ke waktu dan memaksa Anda untuk duduk delapan jam dengan cara yang sama setiap hari,” kata Rietveld.

Para desainer bekerja dengan para peneliti dari University of Groningen untuk menguji keunggulan dalam ruangan. Tapi, apa yang tampaknya menjadi hasil adalah bahwa setelah seharian bekerja, pikiran mereka menjadi aktif tanpa merasakan lelah. Dan itulah sebenarnya tujuan utama. Menekankan pada banyaknya gerak dengan berpindah posisi.

Proses desain

Proyek ini menimbulkan pertanyaan tentang berapa banyak dari hidup kita yang dihabiskan untuk duduk, bahkan di luar kantor. “Seluruh masyarakat rata-rata keseringan duduk, seperti duduk menghadapi kemacetan atau duduk di sekolah jika Anda seorang anak,” jelas Rietveld.

Instalasi ini dimaksudkan untuk membuat orang memikirkan kembali pekerjaan mereka, desain ini mungkin tidak muncul di kantor yang sebenarnya dalam waktu dekat, meskipun produsen furnitur sudah mulai memanggil.

Namun, instalasi saat ini sudah dipamerkan di Looiersgracht 60, galeri yang berfokus pada seni dan ilmu pengetahuan dan juga dibuat dengan dukungan dari Mondriaan Dana, Stichting DOEN, The Amsterdam Dana untuk Seni dan Belanda Organisasi Riset Ilmiah.

Hmmm… bagaimana? Apakah Anda sepemikiran dengan konsep desainer asal Belanda tersebut?

(Visited 237 times, 1 visits today)