Sudah Siap-Siap Mudik? Simak Dulu 5 Tip Mudik Asyik dan Higienis Ini!

0
3
Couple in old-fashioned car on road trip

Biar tetap sehat walfiat saat mudik ke kampung halaman, berikut langkahnya!

Pulang kampung atau mudik jadi momen berharga tiap kali kelar puasa dan merayakan Hari Kemenangan Berpuasa selama sebulan penuh. Mudik jadi tradisi tersendiri di negeri ini dan jadi tradisi milik mereka yang mencari sesuap nasi di luar kota mereka sendiri.

Pastinya nih, mudik pun harus siap jaga kebersihan loh!

So, sikat tip untuk jaga kebersihan selama mudik yang diberikan dr. Adib Khumaidi, Sp.OT, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, yang ditemui beberapa waktu lalu.

 

5

SEHAT & PRIMA

Menempuh perjalanan panjang untuk sampai ke rumah tentu saja harus dilakukan dengan kondisi fisik yang sehat dan prima. Apalagi untuk kita yang nyetir kendaraan tanpa ada back-up alias tanpa teman tandem untuk gantian nyetir.

Solusi:

Olahraga ringan seperti jogging dan senam aerobik jelas jadi solusi murah-meriah dan tentu, simpel! Hayo!

 

Hands up, while driving a convertible.

 

4

SIAP SUPLEMEN

Jika kondisi fisik menurun, mau tak mau harus konsumsi suplemen vitamin. Jika tak percaya dengan kekuatan suplemen yang bak shortcut, mulai rajin konsumsi buah-buahan dan jaga makanan dengan memakan makanan sehat.

Solusi:

Hindari makanan-makanan yang hanya enak dimakan tapi justru nggak mendatangkan khasiat untuk tenaga dan otot.

 

3

SAY NO TO ‘MAKANAN PEMICU RADANG USUS’!

Ya, lupakan dulu makanan enak di mulut, seperti usus goreng-pedas, segala macam merk mie instan dan makanan bersantan plus makanan dengan bumbu pedas luar biasa! Kebanyakan penyakit bersumber dari usus yang tak dijaga. Nggak lucu kan kalau mudik malah tepar pas sampai tempat tujuan?

Solusi:

Lupakan jeroan dan sambal pedas-gila! (Yang punya masalah asam lambung, hindari makanan seperti kol – agar nggak memicu gas berlebih dalam perut)

 

mudik

 

2

PILIH TEMPAT MAKAN BERSIH

Meskipun itu hanya berupa warung tenda makan tapi jika kebersihannya terlihat oke, sok atuh makan. Karena memang nggak semua restoran mahal dengan makanan sehat pun terjaga kebersihannya.

Solusi:

Jika tempat makan yang dipilih tersedia parade mejeng lalat dan kecoa kecil dan besar: LUPAKAN.

 

mudik

 

1

CUCI TANGAN & SEDIA PEMBERSIH TANGAN

Meski di depan mata sudah tersedia ayam bakar legit dengan aroma yang mencengkram nyawa, tapi tangan masih belum dibasuh air atau pembersih tangan, jangan coba-coba untuk melahap ayam tersebut!

Solusi:

Pastinya: basuh tangan dulu dengan air dan sabun atau pembersih tangan loh…

 

Sebelum mudik, tentu saja nggak lupa tampil ganteng. Buka ini biar ganteng pas mudik. Selamat mudik, POPle!

 

(Visited 385 times, 1 visits today)