5 Cara Cermat Mengatur Gaji Bulanan. Biar Nggak Habis di Tengah Bulan!

0
1
mengatur gaji

Semua orang pasti bahagia saat waktu gajian tiba. Tapi udah bisa belum ngatur gaji? 5 Cara Cermat Mengatur Gaji Bulanan. Biar Nggak Habis di Tengah Bulan!

Kesulitan mengatur gaji bulanan, tidak hanya dialami segelintir orang saja. Banyak masyarakat modern sekarang ini, atau mungkin juga Anda mengalami kesulitan dalam mengatur gaji setiap bulan yang Anda terima.

Tidak jarang malah, Anda sering kehabisan uang sebelum pertengahan bulan. Hal ini bisa jadi karena Anda tidak cermat dalam mengelola gaji Anda dengan baik. Nah, untuk menghindari hal tersebut, berikut cara mengelola gaji bulanan Anda dengan bijak:

1. Bikin Anggaran Bulanan

Rencanakan anggaran bulanan Anda. Mulailah membuat daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan menjadi dua bagian. Untuk kebutuhan primer seperti makan, ongkos bekerja, tagihan listrik, cicilan rumah, cicilan motor dan lain sebagainya.

Jangan Hamburkan Uang Untuk 5 Hal Ini, Kalau Tidak Mau Bangkrut di Usia Muda!

2. Segera Bayar Semua Tagihan

Saat mendapatkan gaji, hal yang pertama Anda lakukan adalah membayar semua tagihan Anda di awal. Dari mulai tagihan listrik, telepon, cicilan, dan lain sebagainya. Hal ini penting, agar tidak mengganggu biaya kebutuhan Anda sehari-hari.

3. Lakukan Perbandingan

Hal ini wajib Anda lakukan, untuk mengetahui apakah pengeluaran Anda sesuai dengan anggaran yang sudah dibuat, atau malah melebihi dari anggaran yang telah Anda buat. Jika yang terjadi seperti itu, sudah seharusnya Anda melakukan revisi terhadap anggaran tersebut.

4. Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit juga dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan, jika Anda dapat menggunakannya dengan cerdas. Misalkan, gunakan promo yang diberikan untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan, atau bisa dialokasikan untuk membayar semua tagihan-tagihan Anda. Jangan lupa untuk segera melunasi tagihan kartu kredit Anda ketika menerima tagihan kartu kredit.

Inilah 5 Pekerjaan Paling Unik Sedunia. Salah Satunya Digaji Rp 10 Juta/Hari!

5. Sisihkan Untuk Tabungan

Jika selama ini Anda terbiasa menyisihkan sisa gaji untuk tabungan, kali ini cobalah menyisihkan gaji untuk tabungan sebelum Anda menggunakannya untuk keperluan sehari-hari. Hal ini berguna, untuk menekan pengeluaran-pengeluaran yang tidak terlalu penting.

“If money is your hope for independence you will never have it. The only real security that a man will have in this world is a reserve of knowledge, experience, and ability” -Henry Ford –

(Visited 441 times, 1 visits today)