Anda Punya 5 Tanda Sederhana Ini, Itu Artinya Rasa Empati Anda Tinggi!

0
32
rasa empati

Seorang yang berempati sering digambarkan sebagai orang yang dapat merasakan emosi orang lain. Anda Punya 5 Tanda Sederhana Ini, Itu Artinya Rasa Empati Anda Tinggi!

Manusia memang makhluk sosial yang dituntut untuk harus saling menghargai. Selain itu, manusia wajib memiliki rasa empati dengan sesamanya. Rasa empati ini tentu sangat dibutuhkan untuk hidup berdampingan dengan banyak orang.

Seseorang yang memiliki empati cenderung mudah mengerti apa yang dirasakan orang tersebut. Berikut ini 5 ciri-ciri yang menandakan seseorang memiliki empati yang tinggi:

1. Peduli dan Tidak Apatis

Ciri utama yang dimiliki adalah kamu punya rasa peduli yang tinggi. Kamu gak apatis dengan keadaan sekitar. Alih-alih ikut arus, kamu berusaha untuk membuat perubahan. Selain itu, kamu juga peduli dengan lingkungan sekitar. Apabila ada yang nggak sesuai kamu bakal berusaha memperbaikinya.

Demi Kesehatan Jiwa, Hindari Tipe Teman Seperti Ini!

2. Punya Inisiatif dan Tidak Pasif

Kamu juga orang yang selalu punya inisiatif tinggi. Alih-alih pasif dan diam saja, kamu selalu berinisiatif. Misalnya saja ketika temanmu sedang tertimpa musibah, kamu nggak hanya pasif dan diam saja. Bakal ada inisiatif untuk bisa meringankan beban kawanmu itu.

3. Intuisinya Tinggi

Orang yang berempati tinggi cenderung menjalani hidupnya berdasarkan intuisi. Penting baginya untuk mengembangkan intuisinya dengan merasakan apa yang dipikirkan dan dirasakan orang lain. Baginya, intuisi bisa menolongnya untuk membangun hubungan yang positif.

4. Ringan Tangan dan Suka Menolong

Suka menolong sudah jadi sikapmu. Kamu ringan tangan dan suka membantu orang-orang di sekitarmu. Kamu berempati dengan keadaan orang-orang dan nggak mau tinggal diam. Makanya, jika ada yang membutuhkan bantuan kamu bakal sedia urun tenaga.

[INTERVIEW] Dr. Tompi: Musik Adalah Panggilan Jiwa!

5. Benci dengan Bully-an

Kamu nggak tahan ketika melihat seseorang di-bully. Hal itu nggak sesuai nuranimu. Kamu nggak bisa diam saja melihat orang yang di-bully atau ditindas. Bukannya sok pahlawan, tapi kamu bakal berusaha untuk menghentikan ketidakadilan di sekitarmu.

 

(Visited 560 times, 1 visits today)