Belajar dari Kasus Jonghyun, Masalah Kesehatan Mental Tidak Seharusnya Disepelekan!

0
4

Sudahkah kamu mengetahui kasus bunuh diri yang dilakukan oleh seorang penyanyi asal Korea Selatan, Kim Jonghyun? Yap, ia adalah seorang anggota boyband Shinee yang dikabarkan bunuh diri akibat masalah kesehatan mental yang menimpanya selama ini. Tidak banyak yang mengetahui permasalahan tersebut selama ia masih hidup. Dikabarkan bahwa memang sebelumnya Jonghyun sempat melaporkan permasalahannya kepada seorang dokter kesehatan mental, namun tidak mendapatkan tanggapan yang serius.

Well, POPIe, bukan hanya sekali dua kali saja kasus bunuh diri terjadi di dunia ini. Bahkan menurut data WHO (World Health Organization), di Indonesia sendiri tercatat setidaknya 800.000 kasus bunuh diri di tiap tahunnya. So, Kasus inipun bisa saja terjadi pada orang-orang sekitarmu. Tapi sebetulnya, bagaimana bisa masalah kesehatan mental dapat menjurus ke perilaku bunuh diri, ya?

Rasa sakit pada mental seseorang dan keputusasaan merupakan dua hal yang menjadi penyebab utama perilaku bunuh diri. Maka dari itu, menurut beberapa jurnal kesehatan mental dunia, orang-orang yang memiliki masalah pada kesehatan mentalnya sangat mungkin untuk memunculkan intensi bunuh diri.

Nah, maka dari itu, coba lah cek orang-orang sekitarmu. Kamu juga bisa, lho, melihat tanda-tanda tertentu yang menandakan seseorang mungkin sedang bertempur dengan permasalahan kesehatan mentalnya. Dengan mengetahuinya, kamu bisa membantu orang-orang sekitarmu.

Nggak Mau Cepat Bosan? Yuk, Refresh Hubungan Dengan 3 Hal Ini

Ada beberapa tanda yang bisa kamu lihat di dalam kehidupan sehari-hari seseorang, seperti perilaku, cara berpikir, dan bagaimana ia mengungkapkan perasaannya. Kunci utama apabila kamu ingin menolong orang terdekatmu yaitu, menjadi pendengar yang baik. Well, contoh orang yang mungkin sering bercerita kepadamu yaitu seperti pacar ataum sahabatmu. Apabila mereka terlihat terus-menerus merasakan kesedihan yang berlarut, bisa saja mereka sedang mengalami masalah kesehatan mental yaitu depresi. Jangan pernah menyepelekan permasalahan yang dialami orang lain. Ya, walaupun mungkin kamu tidak merasa hal tersebut bisa dijadikan alasan mengapa mereka mengalami fase depresi, ingat kembali bahwa ukuran permasalahan seseorang berbeda-beda. Kalau kamu merasa perlu melaporkan suatu kejadian yang mencurigakan, kamu juga bisa mengajak orang-orang terdekatmu untuk mendapatkan bantuan di beberapa tempat yang menyediakan jasa psikolog ataupun psikiater. So, kenali tanda-tandanya, cegah akibatnya!

Tips Liburan Murah dan Hemat di Liburan Akhir Tahun!

Butuh info lainnya? Langsung aja dapetin Video petunjuknya dari aplikasi POPULARNow yang bisa langsung diunduh di Google Playstore dan iOS Store.

 

(Visited 110 times, 1 visits today)